Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik

Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik
Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Isi makalah membahas tentang:

Rumusan Masalah
  1. Bagaiamana sejarah perkembangan teori lempeng tektonik?
  2. Bagaimana prinsip-prinsip umum teori lempeng tektonik?
  3. Apa saja jenis-jenis lempeng dan batas lempeng?


Teori Tektonik Lempeng berasal dari Hipotesis Pergeseran Benua (continental drift) yang dikemukakan Alfred Wegener  tahun 1912,  dan dikembangkan lagi dalam bukunya The Origin of Continents and Oceans terbitan tahun 1915. Beliau mengemukakan bahwa benua-benua yang sekarang ada dulu adalah satu bentang muka yang bergerak menjauh sehingga melepaskan benua-benua tersebut dari inti bumi seperti 'bongkahan es' dari granit yang bermassa jenis rendah yang mengambang di atas lautan basal yang lebih padat. Namun, tanpa adanya bukti terperinci dan perhitungan gaya-gaya yang dilibatkan, teori ini dipinggirkan. Mungkin saja bumi memiliki kerak yang padat dan inti yang cair, tetapi tampaknya tetap saja tidak mungkin bahwa bagian-bagian kerak tersebut dapat bergerak-gerak. 

Teori Lempeng Tektonik muncul sejak tahun 1960-an, dan hingga kini teori ini telah berhasil menjelaskan berbagai peristiwa geologis, seperti gempa bumi, tsunami, dan meletusnya gunung berapi, juga tentang bagaimana terbentuknya gunung, benua, dan samudra.
Lempeng tektonik terbentuk oleh kerak benua (continental crust) ataupun kerak samudra (oceanic crust), dan lapisan batuan teratas dari mantel bumi (earth’s mantle). Kerak benua dan kerak samudra, beserta lapisan teratas mantel ini dinamakan litosfer. Kepadatan material pada kerak samudra lebih tinggi dibanding kepadatan pada kerak benua.


Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik seperti teori tektonik lempeng pdf, pengertian lempeng tektonik, macam-macam lempeng bumi, 3 lempeng di Indonesia, lempeng benua dan samudra, bukti teori lempeng tektonik, pergerakan lempeng tektonik dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]





Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Geologi tentang Teori Lempeng Tektonik"

Post a Comment