Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah

Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah
Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word


Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan dalam penyerahan barang kena pajak (BKP) atas pembiayaan berdasarkan prinsip syariah dan konvensional? 
  2. Bagaimana perbedaan yang terjadi antara penyerahan BKP atas pembiayaan berdasarkan prinsip syariah dan konvensional?


Batasan Masalah
  1. Masalah hanya berkenaan dengan prinsip syariah dan  konvensional  yang berlaku di dunia perbankan, tidak termasuk pada lembaga keuangan lainnya.
  2. Masalah hanya berkenaan dalam pajak pertambahan nilai (PPN).
  3. Masalah hanya berkenaan mengenai BKP dan tidak berkenaan dengan jasa kena pajak (JKP).
Pengertian PajakSesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), terlihat bahwa  salah satu  sumber penerimaan  negara  adalah  bersumber dari  sektor pajak. Definisi pajak dikemukakan oleh Remsky K. Judisseno (1997) bahwa pajak adalah suatu kewjiban kenegaraan dan pengapdiaan peran aktif warga negara dan anggota masyarakat lainnya untuk membiayai berbagai keperluan negara berupa pembangunan nasional yang pelaksanaannya diatur dalam Undang-Undang dan peraturan-peraturan untuk tujuan kesejahteraan dan negara.
Lebih lajut, pengertian diatas juga didukung dengan pernyataan menurut Prof. Dr. Adriani yang menyatakan bahwa pajak adalah iurang kepada Negara yang dapat dipaksakan, yang terutang oleh wajib pajak.   Sama seperti Prot. Dr. Adriani, Prof Dr. Rachmat Sumitro, SH juga menyetakan hal serupa, yaitu pajak adalah iuran rakyat kepada kas Negara yang didasarkan pada Undang-Undang dan dapat dipaksakan dengan tiada mendapatkan jasa timbale yang langsung dapat ditujuan dan digunakan untuk membiayai pengeluaran umum.
KesimpulanDalam UU PPN yang berlaku mulai 1 April 2010 atas transaksi tersebut telah diatur khusus yaitu dalam Pasal 1 A ayat (1) huruf h UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga Atas UU No.8 tahun 1983 tentang PPN Barang dan Jasa dan PPn atas Barang Mewah yang berbunyi penyerahan Barang Kena Pajak oleh Pengusaha Kena Pajak dalam rangka perjanjian pembiayaan yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah, yang penyerahannya dianggap langsung dari Pengusaha Kena Pajak (PKP) kepada pihak yang membutuhkan Barang Kena Pajak (BKP).
Dari penjelasan di atas, maka penyerahan BKP dalam rangka syariah terutang PPN agar equal treatment dengan penyerahan BKP dalam rangka pembiayaan lainnya. Namun, penyerahan BKP dalam rangka syariah dianggap dilakukan langsung dari Pengusaha Kena Pajak kepada pihak yang membutuhkan barang (mekanisme passthrough). Dengan demikian, Bank Syariah atau Lembaga Pembiayaan Syariah tidak terbebani dengan PPN atas penyerahan  BKP. Pada prinsipnya, Bank Syariah dan Lembaga Pembiayaan tetap mendapat fasilitas, dengan tidak mengganggu mekanisme PPN. 

Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan Contoh Makalah Pajak lainnya seperti makalah tentang pajak penghasilan, kumpulan makalah perpajakan, makalah perpajakan pdf, makalah perpajakan pph pasal 21, makalah tentang hukum pajak, makalah tentang pajak penghasilan orang pribadi, makalah tentang pajak daerah, tugas makalah perpajakan dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]





Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Pajak Tentang Penyerahan Barang Kena Pajak Berdasarkan Prinsip Syariah"

Post a Comment

Tips:

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh . Pada posting ini ada beberapa hal yang akan memandu anda secara mudah dalam membua...

Label / Kategori

Administrasi Negara Agama Islam Agribisnis Akuntansi Antropologi Aqiqah Artikel Ilmiah Askep Atletik Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahaya Merokok Biokimia Biologi Bisnis Bola Voli Budaya Budidaya Bulu Tangkis Cerpen Contoh Makalah CorelDraw X5 Daftar Isi Makalah Daftar Pustaka Demokrasi Desain Diskusi Download E-Banking E-Commerce E-KTP E-learning Ekonomi Energi Etika Kristen Etika Profesi Farmasi Filsafat Fisika Format Geografi Geologi Geomorfologi Global Warming Guru HAM Hukum Internet IPA IPS Karakter bangsa Karya Ilmiah Karya Tulis Ilmiah Kata Pengantar Makalah Kelautan Keperawatan Kerajinan Tangan Kerangka Makalah Kesehatan Kesimpulan dan Saran Keuangan Kewarganegaraan Kewirausahaan Kimia Komputer Koperasi Korupsi Kristen Kurikulum 2006 KTSP Laporan Lingkungan Hidup Magang Mahasiswa Manajemen Maritim Matematika Microsoft Word Mikologi Napza Narkoba Nasionalisme Negara Negara dan Konstitusi Neraca Analitik Nikah Siri Observasi Observasi Pasar Olahraga Orde Baru Organisasi Otonomi Daerah Pajak Pancasila Pariwisata PDF Pendahuluan Makalah Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Penelitian Pengantar Bisnis Pengantar Manajemen Penjaskes Penutup Makalah Perikanan Perkebunan Pertanian Peternakan Pidana PKL PKn Politik Pra Aksara Prakarya Prakerin Praktek Kerja Industri Proposal Psikotropika PTK Qada dan Qadar Qanaah dan Tasamuh Qardh QCC (Quality Control Circle) Qira'ah Al-Qur'an Qiyas Queue Qurban Ragam Bahasa Rekam Medis Rekayasa Perangkat Lunak Renang Resensi Resep MPASI Revolusi Hijau Riset Pemasaran RPP Rukun Iman Rumusan Masalah Sains Sampah Sastra Sejarah Seni Budaya Seni Grafis Seni Lukis Seni Tari Sepak Bola Silabus Sinar X Sistem Informasi Sistem Pemerintahan Sistematika SMK Sosial Sosiologi Statistik Industri Statistika Struktur Data Studi Kasus Studi Kelayakan Sumber Daya Alam Sumber Daya Manusia Susunan Makalah Tari Tradisional Tauhid Teknik Informatika Teknik Mesin Teknik Pengelolaan Pangan Teknologi TIK Tips Trigonometri Uang UKM Ulumul Qur’an Unsur Transisi Periode 4 Usaha Usaha Kecil Menengah Usaha Laundry Ushul Fiqh Variabel Penelitian Vektor Virus Virus Ebola Virus Zika Visual Basic Vitamin dan Mineral Wakaf Wawancara Wawasan Kebangsaan Wawasan Nusantara Web Programming Windows XP Wirausaha Makanan Wirausaha Sukses XAMPP Xenobiotik Xerostomia XML Zakat Zaman Logam Zaman Megalitikum Zaman Neolitikum Zat Adiktif Zina Zoologi Invertebrata