Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional

Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional
Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini adalah ringkasan bagian-bagian penting dari makalah ini;

Rumusan Masalah
Rumusan Masalah atau pokok bahasan yang dibahas dalam makalah ini di antaranya:

  1. Pengertian Susu tradisional (dadih dan dangke).
  2. Proses pengolahan susu tradisional.
  3. Manfaat susu tradisional.

Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian susu tradisional, manfaat yang terdapat dalam produk susu tradisional, dan proses pembuatan susu tradisional dadih, maupun dangke.

Pengertian Susu Tradisional 
Dadih
Dadih merupakan produk susu fermentasi tradisional seperti yoghurt yang terdapat di daerah Sumatera Barat, yang proses pembuatannya sangat sederhana. Susu yang digunakan berasal dari susu kerbau yang diperah langsung dimasukkan ke dalam tabung bambu dan ditutup dengan daun pisang atau plastik, selanjutnya dibiarkan atau difermentasi secara alami dalam suhu ruang selama satu hari hingga dua hari sehingga terbentuk gumpalan. Dadih belum begitu dikenal secara meluas seperti halnya keju, yoghurt atau kefir. 

Dangke 
Dangke adalah makanan tradisional yang berasal dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dangke terbuat dari fermentasi susu kerbau yang diolah secara tradisional. Dangke memiliki tekstur seperti tahu dan memiliki rasa yang mirip dengan keju. Dangke juga terkenal memiliki kandungan protein betakaroten yang cukup tinggi. Makanan tradisional dangke ini telah dikenal sejak tahun 1905 dan secara turun temurun di kerjakan oleh masyarakat kabupaten Endrekang. Nama dangke diduga berasal dari bahasa Belanda, yaitu dangk U yang berarti terima kasih, yang diucapkan oleh orang Belanda ketika mengkonsumsi produk olahan susu yang berasal dari susu kerbau ini. Dari kata dangk U inilah asal nama dangke untuk produk susu olahan rakyat kabupaten Enrekang ini.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian diatas dapat disimpulkan bahwa prisip pengolahan dadih adalah penyaringan susu, pemasukan susu pada bambu,  penutupan bambu, dan fermentasi selama 2 hari. Sedangkan prinsip pengolahan dangke adalah perebusan susu dengan enzim papain, penyaringan, dan pencetakan.


Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan lainnya seperti makalah tentang pengolahan bahan pangan, contoh makalah pengolahan makanan, contoh makalah pengolahan bahan makanan, kumpulan makalah pengolahan makanan, makalah pengolahan pangan, contoh pendahuluan makalah tata boga, makalah tata boga makanan, makalah tentang tata boga dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]





Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Teknik Pengolahan Pangan Susu Fermentasi Tradisional"

Post a Comment

Tips:

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh . Pada posting ini ada beberapa hal yang akan memandu anda secara mudah dalam membua...