Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional
Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan dari isi makalah:

ABSTRAK
Kecurangan dalam ujian, termasuk Ujian Nasional (UN), merupakan hal yang kerap ditemukan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dengan meninjau sejarah pelaksanaan ujian berskala nasional (seperti UN, EBTANAS, dsb.) di Indonesia, dan tujuan dari pelaksanaannya serta dampak dari tindakan kecurangan terhadap tujuan ini, dapat dilihat bahwa kecurangan dalam UN adalah masalah yang berdampak serius pada dunia pendidikan Indonesia. Meskipun masalah krusial ini tidak bisa sepenuhnya ditiadakan, tetap dapat diminimalkan demi meningkatkan mutu evaluasi pendidikan di Indonesia melalui UN. Oleh karena itu, penentuan faktor penyebab pelaksanaan tindakan kecurangan, serta tindakan yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kecurangan, menjadi tujuan dari penyusunan makalah ini. 

Dalam penyusunan makalah ini, digunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan empiris dan rasional. Data dikumpulkan melalui peninjauan pustaka, yang dapat berupa buku maupun laman web. Selain itu, dilakukan wawancara dengan mantan peserta UN dan narasumber. Dengan demikian, diperoleh pengalaman langsung dari peserta ujian sekaligus opini yang dimiliki pihak ahli yang lebih memahami peranan yang dimiliki UN, dipadukan dengan informasi yang didapatkan melalui pustaka. 

Kasus kecurangan yang diperoleh dari pengumpulan data akan ditinjau berdasarkan pelaku dan jenis tindakannya. Selain itu, ditentukan juga faktor pendorong pelaksanaan tindakan kecurangan tersebut, yang bervariasi. Berbagai macam tekanan, seperti psikologis maupun ekonomik, dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindakan kecurangan. Dengan meninjau hal ini dan menentukan cara untuk mengurangi—bahkan meniadakan—keberadaan faktor-faktor ini, praktik kecurangan dalam UN dapat diminimalkan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Keberadaan kecurangan dalam Ujian Nasional bukanlah hal yang baru, dan bukan pula hal yang mudah ditiadakan. Tindakan kecurangan dalam ujian sudah ada sejak pelaksanaan pendahulu Ujian Nasional seperti EBTANAS, dan UAN, hingga pelaksanaan Ujian Nasional yang terkini pada tahun 2010. Bahkan, tindakan kecurangan sudah lumrah ditemukan pada ujian berskala lebih kecil seperti ujian harian. 

Kecurangan dalam ujian, lebih spesifiknya Ujian Nasional, memiliki dampak yang negatif bagi berbagai pihak. Salah satunya adalah tidak tercapainya tujuan dari pelaksanaan Ujian Nasional, yakni peningkatan mutu pendidikan di Indonesia . Kecurangan, yang merupakan pertanda bahwa pelajar tidak menunjukkan kemampuannya sendiri dalam pengerjaan ujian, membuat data yang didapatkan dari pelaksanaan Ujian Nasional tidak kredibel.

Dapat dilihat bahwa kecurangan akademis seperti ini merupakan masalah yang perlu ditanggapi dengan serius oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan yang berjalan di Indonesia. Meskipun tidak bisa dimungkiri bahwa kecurangan tidak bisa sepenuhnya ditiadakan, keberadaannya tetap dapat diminimalisasi; hanya dengan melakukan inilah mutu pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan.

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dibahas dalam makalah ini dapat ditemukan dalam research questions berikut:
  • Apa sajakah faktor yang menyebabkan sekaligus mendorong pelaksanaan tindakan kecurangan dalam praktik ujian nasional?
  • Apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan pelaksanaan tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional?

1.3. Tujuan
Melalui penulisan makalah ini, penulis berharap akan memperoleh gambaran mengenai penyebab tindakan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional agar mutu evaluasi pendidikan dapat ditingkatkan. Selain itu, cara untuk meminimalkan kecurangan dalam Ujian Nasional akan ditemukan.

1.4. Manfaat
Sesuai dengan yang tertulis pada Tujuan, penulisan makalah diharapkan dapat menghasilkan gambaran yang jelas mengenai penyebab tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional, sehingga frekuensi pelaksanaannya pun dapat diminimalkan. Inilah yang kelak mampu meningkatkan mutu Ujian Nasional.

1.5. Ruang Lingkup
Ruang lingkup makalah ini meliput beberapa aspek yang perlu diteliti dalam peninjauan tindakan kecurangan dalam Ujian Nasional tingkat SMA/MA. Pertama, akan ditelaah latar belakang dari pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia. Hal ini meliput sistematika pelaksanaan Ujian Nasional, serta riwayat pelaksanaan Ujian Nasional dan pendahulunya seperti EBTANAS dan UAN. Selain itu, pelaksanaan nyata Ujian Nasional dan prevalensi kecurangan di dalamnya akan dirangkum dari reportase mantan peserta. Kemudian, kecurangan dalam Ujian Nasional akan ditinjau berdasarkan pelakunya dan jenis tindakannya.

1.6. Metode dan Teknik Pengumpulan Data
1.6.1. Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analitis. Metode ini menggunakan pendekatan empiris dan rasional, yakni melalui peninjauan pustaka dan pengumpulan data langsung melalui wawancara.

1.6.2. Teknik Pengumpulan Data
Data dikumpulkan melalui peninjauan pustaka dan wawancara. Akan dilakukan peninjauan berbagai pustaka, buku maupun laman web, yang berkaitan dengan Ujian Nasional. Pihak-pihak yang akan diwawancara adalah mantan peserta Ujian Nasional.

1.7. Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri atas empat bab. Pertama, Bab I: Pendahuluan, yang mencakup subbab Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup, Metode dan Teknik Pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan. Pada Bab II: Ujian Nasional, diberikan sedikit latar belakang dari Ujian Nasional, dari fungsi, hingga sistematika pelaksanaannya, dan riwayat ujian berskala nasional pendahulunya. Bab III: Kecurangan dalam Ujian Nasional, sesuai judulnya, memiliki konteks pembahasan yang spesifik mengacu pada kecurangan dalam UN. Pembahasan dimulai dengan fakta di lapangan saat penerapan nyata ujian nasional yang tidak sesuai gambaran ideal karena keberadaan kecurangan. Kemudian, dibahas juga penyebab dan dampak dari keberadaan tindakan kecurangan dalam pelaksanaan UN. Bab IV: Kesimpulan dan Saran menampung kesimpulan dari bab-bab sebelumnya serta saran untuk perbaikan.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Praktik Ujian Nasional.docx



Demikian share file Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Minimalisasi Kecurangan dalam Ujian Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel