Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh. Pada posting ini ada beberapa hal yang akan memandu anda secara mudah dalam membuat atau menulis atau juga disebut dengan menyusun sebuah makalah. Maksud dari langkah-langkah dalam membuat makalah ini adalah tentang apa saja bagian-bagian penting yang menyusun sebuah makalah menjadi sebuah dokumen yang layak disebut dengan makalah yang baik dan benar.

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh
Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh


Pada saat akan membuat makalah, misalnya makalah ini merupakan tugas yang harus segera dikumpulkan oleh siswa kepada gurunya atau mahasiswa yang ditugaskan untuk melakukan penelitian dan harus melaporkannya kepada dosen pembimbing biasanya ada sebuah topik atau bidang apa yang akan dikerjakan menjadi sebuah makalah atau laporan, untuk selanjutnya dijadikan judul makalah atau laporan penelitian atau karya tulis ilmiah.

Untuk mempermudah memahami apa saja yang harus dipersiapkan dan tahapan apa saja selanjutnya yang harus dibuat untuk menyusun sebuah makalah berikut ini beberapa bagian penting dalam sebuah makalah. Urutannya mungkin bisa juga diancak tapi setidaknya kita sudah mengetahui keseluruhan bagian makalah ini.

Judul Makalah
Silahkan anda tentukan judul makalahnya misalnya dengan cara berpedoman pada tugas sekolah atau kuliah. Sesuaikan dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang sedang anda tempuh, atau tidak menutup kemungkinan juga makalah ini anda kerjakan untuk kebutuhan lainnya. Judul makalah biasanya dicetak pada Jilid/Cover makalah lengkap dengan nama penyusun dan lain-lain.

Kata Pengantar
Tulislah Kata Pengantar dengan isi tentang Judul makalah yang diambil, makalah disusun untuk kebutuhan apa saja dan lain-lain. Kata pengantar bisa kita anggap sebagai kata pembuka.

Daftar Isi
Daftar isi sebenarnya bisa kita buat setelah makalah selesai, karena di dalamnya terdiri dari urutan judul bab lengkap dengan sub judul dan keterangan halaman.

Bab I Pendahuluan
Pada Bab I Pendahuluan biasanya kita menuliskan Latar Belakang Masalah, Rumusan dan Batasan Masalah, Tujuan Penulisan.

Bab II Pembahasan
Pada Bab II Pembahasan tentunya kita bisa menuliskan uraian-uraian mengenai Landasan Teori, Hasil Penelitian dan lain-lain yang isinya menjawab semua poin pada Rumusan dan Batasan Masalah serta Latar Belakang yang diuraikan pada Bab I Pendahuluan.

Bab III Penutup
Pada Bab II Penutup berisi Kesimpulan dan Saran. Silahkan anda tuliskan apa saja yang bisa diambil menjadi poin-poin kesimpulan berdasar dari hasil tinjauan pustaka dan penelitian yang anda lakukan dalam menjawab masalah yang telah dirumuskan. Dan untuk menuliskan Saran silahkan anda lengkapi dengan penjelasan anda mengenai apa saja yang bisa diperbaiki mengenai penelitian makalah ini untuk jangka pendek atau perbaikan untuk kedepannya.

Daftar Pustaka
Silahkan tuliskan beberapa sumber berupa buku, jurnal, informasi dari internet, makalah lain, skripsi, karya tulis ilmiah yang memang anda pergunakan sebagai referensi dalam tinjauan pustaka yang anda lakukan seperti tertulis dalam Bab II Pembahasan.

Lampiran
Silahkan anda sertakan lampiran-lampiran yang mendukung penelitian makalah ini jika memang ada.

Itulah beberapa bagian penting yang menyusun sebuah makalah. Setelah tersusun, selanjutnya anda bisa mencetaknya pada kertas sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh institusi tempat anda misalnya sekolah atau perguruan tinggi atau lainnya. Karena setiap lembaga biasanya memiliki standar atau ketentuan-ketentuan tersendiri yang dijadiakan acuan tata penulisan makalah atau karya tulis ilmiah.

Berikut ini beberapa poting sebelumnya tentang contoh-contoh makalah yang bisa anda jadikan contoh atau referensi pembanding untuk memudahkan anda dalam penyusunan makalah atau karya tulis.


Demikian pembahasan singkat mengenai Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel