Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah tentang Perubahan Organisasi Reformasi POLRI

Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI
Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah tentang Perubahan Organisasi Reformasi POLRI. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI.

Latar Belakang
Salah satu tuntutan reformasi di Indonesia yang dimulai pada tahun 1998 adalah reformasi di bidang pertahanan keamanan. Dalam aspek ini, selain reformasi TNI, reformasi Polri juga menjadi agenda utama reformasi agar dapat segera dilaksanakan.Tuntutan ini bertujuan agar institusi-institusi keamanan di Indonesia dalam hal ini Polri dapat berfungsi secara professional, bermartabat, dan sesuai dengan kebutuhan Negara. Dari sinilah mulai dilakukan pembenahan-pembenahan yang menuju pada arah reformasi di tubuh Polri. Seiring dengan pelaksanaan reformasi Polri, perkembangan lainnya menunjukkan bahwa persoalan keamanan dalam negeri juga menjadi sorotan penting dibanyak negara, termasuk Indonesia. Hal ini menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh banyak pihak. Terlebih lagi tantangan globalisasi yang semakin berkembang juga diikuti dengan tantangan permasalahan kejahatan, seperti organized crime, religious fanaticism, korupsi, dan sebagainya. Oleh karena itu, keamanan dalam negeri akan berdampak krusial apabila tidak berjalan secara optimal. Disinilah reformasi Polri bukan hanya sekedar melakukan perubahan, tetapi juga harus dapat mengarahkan reformasi tersebut pada kebutuhan mendasar keamanan dalam negeri di Indonesia dalam rangka menghadapi permasalahan kejahatan yang tersebut di atas.

Selain itu, keamanan dalam negeri saat ini juga terkait dengan banyak faktor, terutama faktor perkembangan teknologi. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki konsekuensi logis bagi tumbuh dan berkembangnya permasalahan kehidupan sosial yang semakin kompleks. Aspek negatif dari perkembangan iptek tersebut adalah terjadinya peningkatan kualitas kejahatan dan pelanggaran, dan ini berhubungan langsung dengan pekerjaan kepolisian. Hal ini membuktikan bahwa kejahatan dan pelanggaran telah semakin terorganisir dengan solidaritas sosial yang besar di antara anggota kelompoknya, terutama dalam upaya saling melindungi dan mengamankan masing-masing kelompoknya.

Oleh karena itu, reformasi di Indonesia saat ini tidak hanya dilihat dari perspektif tuntutan atau amanat reformasi 1998 serta sekedar melakukan perubahan institutional peran, dan wewenang kepolisian. Reformasi Polri menjadi kebutuhan yang mendesak karena faktor keamanan merupakan merupakan bagian integral dari tujuan nasional, yaitu kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. Oleh karena itu, maka reformasi dalam tubuh polri terkait dengan perubahan tiga elemen, yakni elemen struktural, instrumental, dan kultural sebagai ujung tombak keamanan dalam negeri.

Reformasi di tubuh kepolisian yang mengacu pada “Buku Biru” Kepolisian Tahun 1998 yang berjudul Reformasi Menuju Polri yang Profesional dan Grand Strategi Kepolisian 2005-2025 dinilai belum berjalan optimal dan belum mampu diimplementasikan dalam operasional Polri. Banyak permasalahan yang masih dihadapi Polri diantaranya kebijakan politik yang kurang mendukung, juga perubahan paradigmatik di internal Polri tidak berjalan dengan baik. Permasalahan ini dimulai dari kondisi di lingkungan Polri sendiri sampai perbandingan jumlah anggota Polri dengan jumlah penduduk. (http://idsps.org)

Perkembangan reformasi polri sampai saat ini telah menjalani proses yang cukup sulit, banyak kendala yang harus dihadapi, tetapi perkembangannya tetap berjalan walaupun mungkin terhambat. Bentuk perkembangan polri ini terwujud dalam Laporan perkembangan Reformasi Birokrasi Polri yang telah dikirimkan kepada Presiden R.I dengan surat Kapolri tanggal 11 Mei 2010 yang berisi bahwa Program Reformasi Polri yang telah dihasilkan dan pencapaian-pencapaian yang telah ditempuh polri dalam mereformasi tubuhnya. (http://www.polri.go.id)

Dalam perkembangan reformasi Polri, terdapat beberapa kasus yang mencuat ke publik terkait dengan penyelewengan dan tindakan yang menyimpang dari kinerja Polri. Hal ini jelas merupakan sebuah tamparan keras bagi Polri ditengah perkembangan reformasi yang terus diupayakan secara intensif. 

Rumusan Masalah 
Dalam makalah ini, permasalahan yang di bahas, antara lain:
  1. Bagaimana terjadinya reformasi Polri?
  2. Apa saja aspek perubahan dalam reformasi Polri?
  3. Bagaimana reformasi Polri ditinjau dari teori perubahan organisasi Lewin?
Tujuan Penulisan
Pada makalah ini akan dibahas mengenai reformasi di tubuh Polri, yang bertujuan untuk:
  1. Mengetahui reformasi Polri
  2. Mengetahui aspek perubahan dalam reformasi Polri
  3. Mengetahui reformasi Polri ditinjau dari teori perubahan organisasi Lewin.

Metode Penulisan
Untuk membahas masalah-masalah yang telah dikemukakan di atas, penulis menggunakan metode pustaka. Dalam hal ini, penulis melakukan pencarian bahan-bahan melalui bahan bacaan (buku, majalah, Koran), internet, dan sumber-sumber lainnya yang relevan.

Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari lima bab yang terdiri dari: Bab I merupakan bab pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan. Bab II merupakan pokok permasalahan yang menjadi bahan kajian makalah ini. Bab III merupakan kerangka teori yang merupakan penjelasan tentang reformasi dan perubahan organisasi terencana. Bab IV merupakan pembahasan yang menjelaskan mengenai reformasi Polri. Bab V merupakan bab penutup yang berisikan kesimpulan dan saran/rekomendasi.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI.docx



Demikian share file Contoh Makalah tentang Perubahan Organisasi Reformasi POLRI, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Perubahan Organisasi Reformasi POLRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel