Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya
Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya:

Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu Negara Maritim terbesar di dunia dengan jumlah pulau sekitar 17.500 pulau dan memiliki garis panjang pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada (18.000km2) sehingga luas wilayah Indonesia 2/3 merupakan wilayah lautan. Dengan potensi wilayah tersebut Indonesia memiliki potensi ekonomi di sektor kelautan dan perikanan baik berupa perikanan tangkap maupun perikanan budidaya yang merupakan suatu potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menuju Indonesia yang maju dan makmur (Solikhin,dkk : 2005).

Pembangunan perikanan pada dasarnya dititikberatkan pada perikanan tangkap dan perikanan budidaya . Pada dekade 80-an perikanan budidaya mulai mendapat perhatian (budidaya udang di tambak) Menjelang thn 90-an mulai dirintis usaha budidaya ikan di laut Potensi pengembangan lahan perikanan budidaya = 27.671.178 ha, terdiri dari : 2.230.600 ha (air tawar), 913.000 ha (air payau), 24.528.000 ha (air laut).Tahun 2004 lahan yang dimanfaatkan mencapai 262.000 ha (air tawar), 500.000 ha (air payau), dan 370.000 unit budidaya di laut. Sehingga bisa dikatakan bahwa peluang pengembangan lahan pembudidayaan ikan di Indonesia masih sangat menjanjikan.

Sektor perikanan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Perikanan tangkap umumnya merupakan kegiatan ekonomi masyarakat yang dilakukan dengan menangkap ikan di perairan dengan menggunakan berbagai macam alat dan metode. Sebagian besar ikan yang ditangkap berasal dari perairan laut, apabila hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan mengakibatkan kerusakan ekosistem pada perairan itu sendiri. Maka dari itulah diperlukan adanya perikanan budidaya yang bisa terus berproduksi tanpa harus merusak ekosistem perairan.

Subsektor perikanan budidaya sekarang tengah ditingkatkan pengembangannya setelah perikanan tangkap tak bisa lagi diandalkan untuk menjaga ketersediaan stok ikan nasional. Sumberdaya perikanan terdiri dari sumber daya perikanan laut dan sumberdaya perikanan air tawar. Disamping sumberdaya perikanan laut yang mempunyai keunggulan dan potensi untuk dikembangkan, sumberdaya perikanan air tawar juga sangat potensial untuk dikembangkan. Sumberdaya perikanan air tawar ini meliputi sungai, danau, waduk, rawa dan genangan air lainnya yang dapat mendukung kegiatan perikanan. Salah satu komoditi perikanan air tawar yang dapat menjadi alternatif usaha di bidang perikanan dalam rangka menjalankan perekonomian di Indonesia adalah ikan konsumsi.

Salah satu kebijakan dalam perkembangan budidaya perikanan adalah pengembangan kawasan untuk komoditas unggulan. Pengembangan komoditas unggulan ditetapkan untuk lebih memacu kegiatan budidaya dimana komoditas unggulan ini memiliki kriteria antara lain, bernilai ekonomis tinggi, teknologi budidaya yang dapat diterapkan telah tersedia, permintaan luar negeri dan lokal tinggi, dan dapat dibudidayakan dan dikembangkan secara massal. Beberapa komoditas unggul yang akan dikembangkan adalah rumput laut, catfish, nila, bandeng, udang, ikan mas, gurame, kakap, dan kerapu.

Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah:
  1. Bagaimana kebijakan pembangunan perikanan budidaya ?
  2. Bagaimana Misi dan Renstra KKP dan Dinas?
  3. Bagaimana program kerja KKP dan Dinas perikanan budidaya?
  4. Bagaimana Implementasi kebijakan KKP dan Dinas perikanan budidaya?

Tujuan
Tujuan makalah ini adalah:
  1. Mengetahui kebijakan pembangunan perikanan budidaya.
  2. Mengetahui Misi dan Renstra KKP dan Dinas.
  3. Mengetahui program kerja KKP dan Dinas perikanan budidaya.
  4. Mengetahui Implementasi kebijakan KKP dan Dinas perikanan budidaya.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya ini, silahkan lihat file preview dan unduh filenya pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya.docx



Demikian share file Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel