Contoh Makalah Tentang Rubella

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Tentang Rubella

Contoh Makalah Tentang Rubella
Contoh Makalah Tentang Rubella


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Tentang Rubella. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Berikut ini adalah kutipan teks dari isi Contoh Makalah Tentang Rubella:

Latar Belakang
Rubela adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus dan menimbulkan demam ringan dengan ruam pungtata dan ruam makulopapuler yang menyebar dan kadang-kadang mirip dengan campak atau demam scarlet. Penyakit ini di tularkan melalui cairan yang keluar dari hidung atau tenggorokan, penyakit ini juga dapat di tularkan melalui aliran darah oleh seorang wanita yang sedang hamil kepada janin yang di kandungnya. Karena penyakit ini tergolong penyakit ringan pada anak-anak, bahaya medis yang utama dari penyakit ini adalah infeksi pada wanita hamil yang dapat menyebabkan sindrom cacat bawaan pada janin tersebut. Sebelum vaksin rubella tersedia pada tahun 1969 epidemi rubella terjadi 6-9 tahun, anak-anak dengan usia 5-9 tahun menjadi korban utama dan muncul banyak kasus rubella bawaan. Sekarang, dengan adanya program imunisasi pada anak-anak dan remaja usia dini hanya muncul sedikit kasus rubella bawaan. Anak-anak biasanya memberikan gejala konstitusional yang minimal, tetapi orang dewasa akan mengalami gejala prodromal selama 1-5 hari berupa demam ringan, sakit kepala, malaise, coryza ringan dan konjungtivitis. Limfadenopati post aurikuler, oksipital dan servikal posterir muncul dan merupakan ciri khas dari infeksi dari virus ini yang biasanya muncul 5-10 hari sebelum timbulnya ruam. Hampir separuh infeksi virus ini tanpa ruam. Lekopeni umum terjadi dan trombositopeni juga bisa terjadi tetapi manifestasi perdarahan jarang. Arthalgia dan yang ensefalitis dan trombositopeni jarang terjadi pada anak-anak, ensefalitis terjadi lebih sering pada orang dewasa.

Infeksi rubella berbahaya bila terjadi pada wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Jika infeksi terjadi pada bulan pertama kehamilan maka resiko terjadinya kelainan adalah 50% sedangkan infeksi terjadi trimester pertama maka resiko menjadi 25% (Menurut America College of Obstatrician and Gynecologist, 1981).

Rubella menjadi penting karena penyakit ini dapat menimbulkan kecacatan pada janin. Sindroma rubella congenital (Congenital Rubella Syndrome, CRS) terjadi pada 90% bayi yang di lahirkan oleh wanita yang terinfeksi rubella sela trimester pertama kehamilan, resiko kecacatan congenital ini menurun hingga kira-kira 10-20% pada minggu ke 16 dan lebih jarang terjadi bila ibu terkena infeksi pada usia kehamilan 20 minggu.

Infeksi janin pada usia lebih muda mempunyai resiko kehamilan di dalam rahim, abortus spontan dan kecacatan congenital dari sistem organ tubuh utama. Cacat yang terjadi bisa satu atau kombinasi dari jenis cacat berikut sperti tuli, katarak, mikroftalmia, glaucoma congenital, mikrosefali, meningoensefalitis, keterbelakangan mental, patentductus arteriosus, defek septum atrium atau ventrikel jantung, purpura.

Rumusan Masalah
  1. Apakah yang di maksud dengan penyakit rubella?
  2. Bagaimana cara penularan dari rubella?
  3. Apa saja gejala dari rubella?
  4. Bagaimana pengendalian Rubella?
  5. Bagaimana pencegahan Rubella?
  6. Bagaimana pemberantasan Rubella?
  7. Bagaimana patofisiologi?
  8. Bagaimana mendiagnosa Rubella?
  9. Jelaskan mengenai komplikasi Rubella!
  10. Bagaimana pengobatan Rubella?


Tujuan
  1. Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan rubella
  2. Agar dapat memahami bagaimana cara penularan rubella
  3. Mengetahui gejala-gejala rubella
  4. Untuk mengetahui cara pengendalian rubella
  5. Mengetahui pencegahan rubella
  6. Memahami pemberantasan rubella
  7. Untuk mengetahui patofisiologi rubella
  8. Agar mengetahui cara mengdiagnosa rubella
  9. Pemahaman tentang komplikasi rubella
  10. Untuk mengetahui cara pengobatan rubella

Contoh Makalah Tentang Rubella ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan perbedaan campak dan rubella, virus rubella pada orang dewasa, ciri rubella pada bayi, tanda tanda ibu hamil terkena virus rubella, pengobatan rubella, virus rubella dan toxoplasma,  dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Tentang Rubella


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Tentang Rubella.docx 
Contoh Asuhan Keperawatan Anak - Rubella.doc 
Makalah Rubella.doc 
Makalah Rubella Pada Kehamilan.doc

Demikian share file Contoh Makalah Tentang Rubella, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Tentang Rubella"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel